MANAGED BY:
RABU
20 OKTOBER
UTAMA | BALIKPAPAN | SAMARINDA | PRO BISNIS | KALTIM | OLAHRAGA | HIBURAN | LIFESTYLE | KALTARA

LIFESTYLE

Senin, 04 Oktober 2021 11:21
Biarkan Anak Memecahkan Masalah
SEJAK DINI: Saat usia 1,5 tahun, sebetulaya anak sudah bisa dilatih untuk memecahkan masalah. Orang tua mungkin bisa menunjukkan caranya dari hal sederhana. Misalnya, membereskan mainan. (Ilustrasi diperagakan model - Dite Surendra/Jawa Pos)

ADA sebagian orang tua yang memberikan perlindungan berlebih kepada buah hati. Apa pun yang dikerjakan anak, tangan mama-papanya harus ikut campur. Bahkan, buah hati tidak diberi ruang untuk mencari solusi sendiri saat mengalami masalah.

PARENTS, percaya deh, setiap anak memiliki ”kekuatan” masing-masing lho. Salah satunya, memecahkan masalah atau mencari solusi. Kekuatan itu menjadi modal mereka untuk menunjukkan eksistensi saat berinteraksi sosial.

Secara naluriah, orang tua pasti tidak tega ketika anak mengalami kesulitan dalam menghadapi masalah. Ya, nggak sih, mom-dad? Hehe. Please hold, yes. Kasih kesempatan kepada malaikat kecil untuk memecahkan masalahnya.

Konselor anak Rensia Sanvira menjelaskan, memberikan kepercayaan kepada anak untuk menemukan solusi berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya. Salah satunya, rasa percaya diri. ”Oh, ternyata mama atau papa aku ngasih semacam kesempatan buat aku menemukan caranya keluar dari soal ini. Besok-besok bisa pasti,” katanya saat peluncuran Rebuild the World #BebaskanKreasimu beberapa waktu lalu.

Rensia mengungkapkan, saat usia 1,5 tahun, sebetulnya anak sudah bisa dilatih untuk mencari solusi maupun memecahkan masalah. Namun, orang tua mungkin dapat menunjukkan caranya dari hal sederhana. Yang dekat dengan anak. Misalnya, membereskan mainan.

Nah, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan orang tua sebelum mengenalkan peran memecahkan solusi kepada anak. Parents wajib tahu ya. Apa itu? Pertama, kesabaran. Kesabaran menjadi fondasi bagi orang tua dalam menghadapi apa pun. Tidak terkecuali untuk urusan parenting. ”Orang tua, kalau tidak sabaran, tak akan bisa mendampingi anak untuk mencari solusi dengan baik,” tutur Rensia.

Yang kedua, penguasaan diri. Founder MamaLyfe.id itu mencontohkan mengontrol diri untuk tidak sedikit-sedikit membantu anak bila ada masalah. Ketiga, biarkan anak mengeksplorasi apa saja yang mereka ingin ketahui. Menurut Rensia, dari sana, mereka akan mendapat pengalaman mencari sebuah solusi.

Lantas, bagaimana jika anak tidak bisa menemukan solusi? Apa orang tua boleh membantu? Sampai mana orang tua diperbolehkan membantu? Pasti bakal muncul pertanyaan-pertanyaan seperti itu, bukan?

Rensia menuturkan, orang tua masih boleh kok membantu. Eits, ada tapinya ya. Di awal, orang tua coba pancing dulu dengan pertanyaan. Misalnya, susahnya adik atau kakak di mana? Kemudian, pancing dengan pertanyaan-pertanyaan lain yang membuat si kecil bisa mencari jawabannya. ”Intinya, boleh membantu, tapi jangan langsung. Izinkan dan beri mereka kesempatan dulu untuk mencari solusi sesuai dengan kemampuan mereka,” jelasnya.


BACA JUGA

Rabu, 20 Oktober 2021 01:05

Begini Tren Fesyen Muslim Kekinian

Pasar penjualan produk fesyen muslim di tanah air semakin maju.…

Rabu, 20 Oktober 2021 01:01

Fungsi Vitamin D dan Kalsium Guna Cegah Pengeroposan Tulang

Menjaga tulang sehat harus dimulai sejak dini. Sebab pengeroposan tulang…

Rabu, 20 Oktober 2021 00:57

Kerapu Kertang dan Kerapu Macan Dikawinkan, Begini Nih Hasilnya....

Kerapu identik dengan spesies ikan air laut. Namun, kini beberapa…

Sabtu, 16 Oktober 2021 11:12

Terinspirasi dari Lautan, Simak Tren 4 Warna Rambut Tahun Depan

Beberapa bulan lagi, tahun baru akan datang. Menjelang semangat yang…

Jumat, 15 Oktober 2021 14:39

Waspada Gangguan Kelainan Kornea, Bisa Picu Kebutaan

Gangguan penglihatan akibat kelainan kornea bisa memicu kebutaan. Kebutuhan donor…

Jumat, 15 Oktober 2021 14:37

Catat..!! Tinggi Badan Anak Tak Selalu Ditentukan Genetik Ortu

Masa pertumbuhan anak terjadi secara sangat cepat jika didukung dengan…

Jumat, 15 Oktober 2021 14:36

Ini 5 Tips Jitu Ubah Kamar Tidur Sempit Agar Lebih Nyaman

Punya kamar tidur yang berukuran kecil seringkali memengaruhi kenyamanan saat…

Senin, 04 Oktober 2021 11:21

Biarkan Anak Memecahkan Masalah

ADA sebagian orang tua yang memberikan perlindungan berlebih kepada buah hati.…

Jumat, 01 Oktober 2021 10:12

Pantun tentang Petani

BERTEPATAN dengan momen panen raya, Ledia Hanifa secara khusus membuat…

Senin, 27 September 2021 10:19

Dipicu Terlalu Lama di Depan Gadget, Waspadai Sindrom Mata Kering

Sejak virus korona menyeruak dan menjadi sebuah pandemi, banyak kebiasaan…
Sitemap
  • HOME
  • HOT NEWS
  • NEWS UPDATE
  • KOLOM
  • RAGAM INFO
  • INSPIRASI
  • FEATURE
  • OLAHRAGA
  • EKONOMI
Find Us
Copyright © 2016 PT Duta Prokal Multimedia | Terverifikasi Dewan Pers