MANAGED BY:
SABTU
18 SEPTEMBER
UTAMA | BALIKPAPAN | SAMARINDA | PRO BISNIS | KALTIM | OLAHRAGA | HIBURAN | LIFESTYLE | KALTARA
Sabtu, 06 Februari 2021 11:48
Semangat dari Paris

Oleh: Agus Anggriawan

 “Ciee… yang bentar lagi udah mau wisuda,” gurau Randy pada Umar yang masih asyik membaca berita bola di smartphone-nya.

==================

Umar yang berjalan di kanan Randy tampak terseok-seok karena melangkah tanpa melihat ke depan. Berita bola itu sepertinya benar-benar menghipnotis Umar. Sesekali Randy mengingatkan Umar yang berjalan terlalu ke pinggir dan nyaris masuk selokan. Pepohonan yang rindang di depan rektorat Universitas Mulawarman itu menjadi penyejuk yang menghalangi mereka dari panasnya sengatan sang mentari.

”Oh iya, Ran. Alhamdulillah, hehe. Kamu juga, jangan malas-malasan buat ngerjain skripsi. Semakin kamu malas nulis skripsi, semakin lama pula kamu lulus dari Unmul. Kamu mau jadi bujang lapuk di sini?” celetuk Umar tiba-tiba setelah tiga menit tak menghiraukan gurauan Randy tadi.

”Sudahlah, semua akan indah pada waktunya.” Lagi-lagi itu yang terlontar dari mulut Randy ketika ditanya perihal skripsinya.

Bahkan sebelum Randy menjawab pertanyaannya, Umar bisa menebak kali ini Randy pasti akan menjawab dengan kalimat demikian.

”Ya, semua akan indah pada waktunya. Kalau kamu ada usaha. Gimana mau indah kalau kamu saja tak mengindahkan skripsi?” sembur Umar.

”Waktu masih panjang, aku masih mau menikmati masa-masaku menyandang status sebagai mahasiswa Unmul,” jelas Randy seraya terkekeh memamerkan gigi-giginya yang berbalut behel berwarna silver.

”Eh, kita ke perpustakaan dulu yuk. Aku mau baca berita bola di koran. Kebetulan di perpus kan banyak koran,” ajak Umar.

Randy mengikut saja, kebetulan ia juga haus akan berita mengenai sepak bola. Teman satu indekos dan satu jurusan di Unmul itu memasuki Perpustakaan Universitas Mulawarman dengan langkah gontai. Sesampainya di sana mereka berdua langsung menyambar koran-koran terbaru lantas membuka halaman yang memuat berita mengenai sepak bola.

”Ran, coba lihat ini nih. Keren banget ya, stadionnya,” ucap Umar tiba-tiba sembari menyodorkan halaman koran yang berisi foto dan berita mengenai Stadion Matmut Atlantique di Bordeaux, Perancis.

”Keren. Kamu mau ke sana gak?” ucap Randy sambil nyengir kuda.

”Ia, mau-mau,” jawab Umar dengan senyum mengembang.

”Mimpi kali, yeee,” canda Randy dengan bibir yang menekuk ke bawah lalu menyeringai. Umar hanya mendengus melihat tingkah sahabat karibnya itu.

***

Status yang ditunggu-tunggu pun tiba. Umar resmi lulus dari Universitas Mulawarman dan menyandang status alumnus. Dalam kurun waktu sekitar empat tahun lima bulan Umar menyelesaikan studinya di Universitas Mulawarman.

”Ran, aku pamit dulu ya. Kamu harus tetap semangat dan jangan putus asa. Segera selesaikan skripsimu. Jalan panjang telah menunggu untuk kau lalui,” ucap Umar di depan pintu indekos ketika akan pergi meninggalkan Randy.

”Iya, iya. Aku paham kok. Semoga kamu cepat dapat kerjaan. Kalo sukses jangan lupa sama aku ini ya. Hehe.”

”Pasti, Ran. Ya udah aku berangkat dulu, wassalamualaikum,” pamit Umar.

”Waalaikumsalam. Hati-hati ya!” balas Randy pada Umar yang telah melaju dengan sepeda motornya menuju kediamannya di Tenggarong.

Sekitar tiga bulan sejak wisuda akhirnya Umar mendapatkan pekerjaan yang sangat ia idamkan. Berbekal kemampuan berbahasa asing yang dimilikinya serta pengalaman organisasi di Unmul dan IPK yang bagus membuat Umar diterima di sebuah perusahaan di Paris, Perancis. Merantau ke negeri yang terkenal dengan keromantisannya itu memang sangat berat bagi Umar. Tapi, tak apalah, demi pengalaman hidup dan meraih kesuksesan ia rela merantau.

***

Udara siang di kota Paris begitu menyejukkan. Jalan masih terlihat basah. Kota ini memang pantas dijuluki kota romantis. Banyak sekali orang berjalan berpasangan menikmati keindahannya.

Umar melirik keluar jendela apartment-nya. Menara Eiffel nan megah yang menjulang tinggi itu seakan memanggil raganya untuk segera menyambanginya. “It’s time to refreshing!” ucap Umar dalam hati, lantas mengenakan jaket tebalnya lalu keluar dan berjalan kaki menuju menara Eiffel yang lumayan jauh. 

Sebenarnya bisa saja Umar menggunakan transportasi umum untuk menuju ikon terkenal dunia itu, tapi tak apalah berjalan kaki itu kan sehat, mengingat jadwal kerjanya yang begitu padat membuatnya jarang berolahraga. Ini keempat kalinya Umar ke menara Eiffel, tak pernah ada kata bosan baginya melihat menara cantik tersebut.

Umar geleng-geleng melihat antrean yang sangat panjang untuk bisa masuk ke area tersebut. Dia pun mengurungkan niatnya naik Eiffel lantas beralih haluan untuk menikmati Paris dengan menyusuri pinggiran Sungai Seine. Semilir angin sejuk menyapu lembut wajah Umar. Adem dan menenangkan.

Umar duduk di salah satu kursi sembari menikmati cheese croissant serta madeleine yang begitu terasa lemonnya. Sesekali menyeruput secangkir cappuccino hangat dengan asap yang masih mengepul di tengah dinginnya Paris. Tiba-tiba seorang pria duduk di sebelah Umar lalu menyapa dan berkenalan.

Namanya Dhani, seorang Indonesia yang melanjutkan studi di Wageningen, Belanda. Dhani kerap mengunjungi Paris ketika libur musim dingin.

”Sekarang ini aku lagi sibuk nulis skripsi,” ucap Dhani di sela-sela obrolan ringannya dengan Umar.

Ingat skripsi, Umar jadi teringat pada Randy. Kira-kira skripsi Randy udah kelar belum ya? Atau mungkin dia sudah pendadaran? Pertanyaan itu berseliweran di otak Umar. Dia pun langsung menanyakan kabar skripsi Randy kepada seorang dosen di Unmul. Ternyata jawabannya belum selesai. “Hmmm.. sepertinya Randy perlu suntikan semangat,” batin Umar.

***

”Ran, ini ada paketan buatmu dari Paris. Tadi diantar sama kurir,” ucap Fikri, tetangga kamar indekos Randy yang juga adik tingkatnya di Unmul.

”Oh ia, makasih ya,” ucap Randy tersenyum.

Dia duduk dan memerhatikan paketan tersebut di depan ruang program studi sembari menunggu dosen pembimbingnya datang. Terlihat beberapa mahasiswa Unmul mengerjakan tugas di salah satu gazebo yang jaraknya tidak jauh dari tempat Randy duduk. 

Randy memerhatikan nama dan alamat pengirim paket tersebut. Ternyata Umar. Randy terharu melihatnya. Segera dibukanya paketan itu dan didapatkan secarik surat. Langsung saja Randy membaca surat yang berisi kata-kata motivasi dari Umar agar Randy segera menyelesaikan skripsinya.

Randy bangga saat mengetahui Umar bekerja di Paris. Di surat itu Umar juga menjelaskan kisahnya selama di Prancis, bahkan dia sudah mengunjungi Stadion Matmut Atlantique di Bordeaux, Prancis.

Kata-kata motivasi Umar sangat ampuh membakar semangat dan menggetarkan hati Randy. Ternyata bukan surat saja, Umar mengirimkan Randy jaket keren. Langsung saja Randy memakai jaket tersebut, bersamaan itu pula dosen pembimbing Randy datang.

”Semangat skripsi,” ucap dosen tersebut melirik ke arah belakang jaket Randy. Oalaa… ternyata ada tulisan demikian di belakang jaket yang diberikan oleh Umar. Umar sepertinya benar-benar total memberi Randy semangat agar segera lulus dari kampus kebanggaan Kaltim itu. (***/dwi/k8)

 

PENULIS merupakan alumnus Jurusan Teknik Kimia Unmul, sangat mencintai dunia literasi dan fotography sejak kecil, bercita-cita dapat melanjutkan studi S-2 di Benua Eropa. Bisa dihubungi via Instagram @agusanggriawan_


BACA JUGA

Sabtu, 18 September 2021 10:40

Hoax Aplikasi PeduliLindungi Buatan Singapura

KABAR palsu kali ini menyasar aplikasi pelacakan kontak digital untuk Covid-19…

Sabtu, 18 September 2021 10:37

Klaim Keliru Penyebab Kematian Burung Pipit di Bali

ISU chemtrails atau jejak kimiawi di angkasa kembali mencuat beberapa hari…

Sabtu, 18 September 2021 10:36

Kabar Menyesatkan tentang Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air

SIAPA pun yang membaca unggahan akun Facebook Tri Handayani pada 12…

Sabtu, 18 September 2021 10:33

Hoax Warga Dayak Gagalkan Pemindahan Ibu Kota Negara

KABAR tentang suku Dayak yang mengusir dan menggagalkan pembangunan ibu kota…

Kamis, 16 September 2021 11:59

Salah Foto Perempuan Afganistan Tempo Dulu

NASIB perempuan Afganistan setelah Taliban kembali berkuasa banyak menjadi pembicaraan…

Selasa, 14 September 2021 11:22

Hoax Suku Baduy Tak Pernah Divaksin

 ENTAH dari mana sumbernya, akun Twitter mujahidin_banten5th atau @Lordzombie12 tiba-tiba…

Selasa, 14 September 2021 10:14

Hoaks Jokowi Tak Pernah Ucapkan Belasungkawa

Netizen yang satu ini sepertinya tidak pernah membaca berita. Dia…

Selasa, 14 September 2021 10:13

Awas Situs Palsu Pengecekan Bantuan Sosial

KABAR yang dibagikan ulang akun Facebook Hendra Asstawinatta kemarin memang…

Jumat, 10 September 2021 12:34

Hoax Foto Pemimpin Taliban Minum Miras di Jet Pribadi

AKUN Twitter @Haru0neday2813 membagikan foto plus narasi yang berusaha menyudutkan Taliban.…

Kamis, 09 September 2021 10:35

Hoaks Pilot Wanita Afganistan Dirajam

INFORMASI palsu yang menumpang isu pergolakan di Afganistan masih banyak ditemui…
Sitemap
  • HOME
  • HOT NEWS
  • NEWS UPDATE
  • KOLOM
  • RAGAM INFO
  • INSPIRASI
  • FEATURE
  • OLAHRAGA
  • EKONOMI
Find Us
Copyright © 2016 PT Duta Prokal Multimedia | Terverifikasi Dewan Pers