MANAGED BY:
RABU
24 APRIL
UTAMA | BALIKPAPAN | SAMARINDA | PRO BISNIS | KALTIM | OLAHRAGA | HIBURAN | CELOTEH | MASKULIN
Minggu, 05 Agustus 2018 06:56
Dari Ahli untuk Newbie

PROKAL.CO, PENASARAN nggak gimana sih para penyair puisi bisa menulis sajak puitis dengan gaya bahasa yang manis? Makna puisi yang disajikan pun tetap bisa kita cermati meski menggunakan perumpamaan yang kadang sulit dipahami. Selain menulis, apa aja sih yang biasanya dilakukan seorang penyair dalam menggubah sajak? Yuk, simak tip menarik dari Agus Noor ini supaya puisimu makin ciamik! (mel/c14/raf)

Cipta dan Salurkan Rasa

Sebelum menulis puisi, kamu harus benar-benar paham bahwa menulis puisi nggak sekadar menulis kata-kata indah, tapi juga merangkum momen dengan diksi-diksi tertentu. So, kamu harus melatih kepekaan saat menulis. Caranya, menyesuaikannya dengan suasana hati. Cara itu ampuh banget untuk mendalami makna dan penggunaan bahasa yang akan kamu gunakan. Dengan begitu, pesan dan makna bisa benar-benar tersalurkan kepada pembaca deh.

Cek Puisi dalam Keadaan Netral

Nggak jarang, kita bisa menulis puisi secara spontan ketika dilingkupi suasana atau mood yang bagus untuk merenung, lalu kita tuangkan dalam bentuk tulisan. Nggak jarang, muncul ungkapan-ungkapan baru yang jadi karaktermu. Karena terpengaruh emosi dan perasaan, kamu cenderung sekadar menulis tanpa membacanya lagi. So, nggak ada salahnya kalau kamu mengoreksi kembali apa yang udah ditulis hingga terasa pas nanti.

Buku Sumber Inspirasi

Kalau kita sedang buntu ide untuk menulis, membaca buku bisa menjadi sumber inspirasi kita untuk menulis loh. Dari buku yang kita jadikan bacaan, kita bisa mendapat ide, entah itu berubah gaya bahasa atau tema yang ingin kita tulis sebagai jalan keluar dari kebuntuan. Asalkan terus berlatih dan nggak malas untuk terus mencoba, nanti tulisan kita bisa improve secara perlahan.

Belajar dari Ahli

Supaya puisi kita makin beragam dan sarat makna, sebaiknya kita sering membaca karya puisi dari para penyair yang berpengalaman. Soalnya, karya-karya mereka tentu memiliki poin-poin penting yang memenuhi syarat sebagai puisi yang baik dan benar. Dari contoh yang kita baca tersebut, kita pun bisa memperkaya pengalaman dan pemilihan tema puisi kita nanti.

loading...

BACA JUGA

Sitemap
  • HOME
  • HOT NEWS
  • NEWS UPDATE
  • KOLOM
  • RAGAM INFO
  • INSPIRASI
  • FEATURE
  • OLAHRAGA
  • EKONOMI
Find Us
Copyright © 2016 PT Duta Prokal Multimedia | Supported By .
*