MANAGED BY:
JUMAT
22 JUNI
UTAMA | BALIKPAPAN | SAMARINDA | PRO BISNIS | KALTIM | OLAHRAGA | HIBURAN | CELOTEH | MASKULIN
Jumat, 08 Juni 2018 07:23
Lagi, Cewek Di-bully karena Berani Speak Up
Yovanny Anugrah Pertiwi

PROKAL.CO, SETELAH beberapa bulan lalu, kasus pasien rumah sakit melabrak perawat yang melecehkannya saat dibius menuai komentar negatif dari netizen, kini reaksi serupa saat penyanyi Via Vallen melakukan hal yang sama. Saat dirinya mengungkapkan pesan bernada mesum di medsos miliknya, ternyata malah banyak yang menganggapnya cari sensasi. Kini banyak orang yang memberi dukungan atas keberaniannya. Menurutmu, bagaimana seharusnya kita menyikapi jika ada kejadian seperti ini di masa mendatang? (*/yjm/*/ewy/k15)

Rasyid Afif Al Faiz
SMAIT Granada Samarinda

Pertegas Hukum

“Menurutku, hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran mengenai kesetaraan gender dan masih tinggi anggapan, bahwa pria lebih unggul dan berhak berkuasa atas perempuan. Mengenai kasus Via Vallen, aku berpendapat bahwa itu real karena enggak mungkin cewek membuat sensasi dengan mengangkat kasus sexual harassment seperti itu. Solusi paling baik, tentu dengan mempertegas kembali hukum yang mungkin selama ini masih bercelah agar memberi efek jera bagi pelaku.”

Yovanny Anugrah Pertiwi
SMA 2 Samarinda

Harus Ditindaklanjuti

“Mungkin orang yang justru bully Via Vallen enggak sadar jika pelecehan seksual dapat terjadi bahkan tanpa harus menyentuh. Tapi, bisa berupa kata-kata verbal yang bernada negatif. Hal kayak gini enggak boleh dianggap sepele, sebab bisa aja si pelaku melakukannya ke orang lain. Membiarkan masalah ini larut begitu aja sama dengan melecehkan harga diri perempuan yang berani mengungkap kebenaran untuk membela martabatnya.”

Riska Mahria
Universitas Mulawarman Samarinda

Kurang Edukasi

“Selama ini, banyak kasus sexual harassment yang enggak terselesaikan karena cewek menganggap hal tersebut adalah aib yang harus ditutupi. Di Indonesia, sosialisasi tentang masalah ini masih tabu banget. Bahkan justru komentar negatif banyak muncul dari kalangan cewek. Di luar kasus ini, sepertinya kita mesti berbenah mindset dengan mengajarkan kalau chat mesum pun merupakan pelecehan dan kita berhak marah jika enggak menyukainya.”

Adelia Puspitha
IKIP PGRI Kaltim

Background Budaya

“Mungkin bisa jadi si pesepakbola menganggap perbuatannya sebagai flirting dan enggak menyangka bakal dapat penolakan dari Via Vallen. Apalagi background Via yang notabene adalah penyanyi dangdut, sering mendapat stigma jelek di mata masyarakat. Karena kita hidup di budaya timur, kata-kata vulgar yang diberikan lewat chat tersebut tentu bisa dianggap sebagai pelecehan dan Via berontak dengan menyebarkannya sebagai pelajaran. Menurutku cewek punya hak kok untuk membela diri jika mendapat perlakuan enggak nyaman, terutama saat menghadapi hal yang bertentangan dengan norma dan nilai kesopanan khas adat timur.”


BACA JUGA

Rabu, 20 Juni 2018 06:54

Bantu Ringankan Beban Korban Kebakaran

Oleh: Sherlly Monalisa - SMA 10 Samarinda SEPERTI yang diketahui bersama, peristiwa kebakaran yang terjadi…

Rabu, 20 Juni 2018 06:50

Euforia Spesial Idulfitri

HAPPY Eid Mubarak! Rasanya senang sekali deh menikmati momen-momen kebahagiaan Idulfitri. Huf, tapi…

Rabu, 20 Juni 2018 06:45

Tetap Bugar meski Tidur Sebentar

KARENA kesibukan atau aktivitas yang padat, kadang kita harus mengorbankan jam tidur. Bila selalu kurang…

Selasa, 19 Juni 2018 06:44

Estafet Kata-Kata yang Menjadi Senjata

KATA-KATA yang bercecer pada puisi berjudul Bapak adalah serpihan kerinduan, kemarahan, kesedihan, serta…

Selasa, 19 Juni 2018 06:42

Metafora dari sang Pelukis

’’SEORANG puan bersimpuh, dengan daun-daun melilit di atas kepala, di bagian depan sampul…

Selasa, 19 Juni 2018 06:39

Siap Pulang dan Melanjutkan Proyek Lingkungan

TONGARIRO - Halo, guys! Nggak kerasa nih 15 Juni aku (Rully Prameisti Audhina) dan Ni Putu Wulan Romianingsih…

Selasa, 19 Juni 2018 06:31

Definisi Cantik yang Menginspirasi

SULASTRI Khasan, gadis cerdas pemilik senyum manis ini Ramadan lalu baru saja diberi tanggung jawab…

Selasa, 19 Juni 2018 06:28

Tim Dadakan Rebut Gelar Juara

PERSIAPAN last minutes enggak menjadikan Syadan Squad ini merasa minder untuk mengikuti ajang perlombaan…

Selasa, 19 Juni 2018 06:25

Ketika Anak Berkebutuhan Khusus Dilarang Terbang

BEBERAPA waktu lalu, salah satu maskapai penerbangan di Indonesia sedang menjadi perhatian karena mendadak…

Selasa, 19 Juni 2018 06:20

Jadi Keren Enggak Harus Ikutin Tren

HALO Zet Rangers! Enggak kerasa sudah Lebaran kelima aja nih. Anyway, tahun ini kalian beli baju baru…
Sitemap
  • HOME
  • HOT NEWS
  • NEWS UPDATE
  • KOLOM
  • RAGAM INFO
  • INSPIRASI
  • FEATURE
  • OLAHRAGA
  • EKONOMI
Find Us
Copyright © 2016 PT Duta Prokal Multimedia | Supported By .