MANAGED BY:
MINGGU
20 MEI
UTAMA | BALIKPAPAN | SAMARINDA | PRO BISNIS | KALTIM | OLAHRAGA | HIBURAN | CELOTEH | MASKULIN
Senin, 12 Maret 2018 07:27
GET TO KNOW
-

PROKAL.CO, class="Default">DI balik gelak tawa kita sewaktu nonton film atau acara komedi, ternyata ada orang yang menganalisis dengan matang kualitas jokes tersebut. Yap, merekalah comedy consultant. Biar paham lebih jauh tentang profesi itu, yuk simak tanya jawab Zetizen dengan Arie Kriting dan Bene Dion! (may/c22/fhr)

Q: Gimana awal mulanya ngembangin karir sebagai comedy consultant?

Bene:Dulu film komedi pakai insting, tapi sekarang ada teori yang harus dipelajari tentang komedi. Akhirnya, muncul ide menggunakan stand-up comedian untuk membantu pekerjaan filmmaker. Pengalaman pertama saya di film Cek Toko Sebelah.

Arie: Pengalaman pertama saya bermula pada 2015 dalam film Ngenest. Waktu itu Ernest Prakasa butuh sudut pandang yang berbeda. Butuh pendamping untuk menilai standar komedinya. Sejak itu, mulai banyak tawaran datang kepada saya.

Q:Skill utama yang dibutuhkan seorang comedy consultant kan harus bisa mengolah sesuatu agar lucu. Tapi, lucu kan relatif. Jadi, gimana standar lucu yang dibutuhkan?

Bene: Para ahli di Amerika udah mem-breakdown berbagai teori psikologis tentang kenapa orang tertawa dan bagaimana cara membuat orang tertawa. Pemahaman teori dan insting harus jalan. Ketika baca skenario atau melihat adegan, kita langsung berpikir dan mengimajinasikan lucu atau nggaknya.

Arie: Memang ada yang suka komedi slapstick, ada juga komedi verbal, dari permainan kata-kata yang cerdas dan lucu gitu. Nah, itulah tantangan kami, gimana merangkul semua jenis ’’lucu’’ bagi tiap orang yang berbeda-beda.

Q:Dengan jam terbang tinggi sebagai comedy consultant, apa ada pengalaman menarik untuk diceritakan?

Bene: Sewaktu menggarap film Cek Toko Sebelah, ada satu adegan yang sebenarnya udah lucu, terus kami tebelin lagi. Waktu take para pemain dan kru ketawa saat memainkan adegan tersebut. Tapi, ketika jadi film dan tayang, jatuhnya malah nggak lucu, nggak sesuai dengan ekspektasi. Jadi, pas ngecek adegannya, kami sama-sama mikir ’’yah adegan ini kok gagal sih’’.

Arie:Sebelum jadi comedy consultant kan saya jadi pemain. Pas alih profesi, saya jadi perlu adaptasi lagi. Kalau pemain kan datang waktu adegan mau diambil aja. Kalau sebagai comedy consultant, kami datang paling awal dan pulang paling akhir gitu. Tapi, ya tetap menyenangkan, hehe.


BACA JUGA

Jumat, 18 Mei 2018 06:39

Olahraga di Kala Ramadan? Bisa Kok!?

PADA bulan penuh kebaikan ini, umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar hingga…

Kamis, 17 Mei 2018 07:33

Hidupkan Imajinasi lewat Kekuatan Deskripsi

APA jadinya kalau ada orang-orang yang punya indra penciuman luar biasa? Sampai-sampai mereka bisa mengenali…

Kamis, 17 Mei 2018 07:29

Ajang Belajar dan Menantang Diri Sendiri

SEBELUM memasuki era serbamudah seperti sekarang, para pencinta literasi hanya bisa dimanjakan lewat…

Kamis, 17 Mei 2018 07:28

Si Fiksi Pemikat Hati

PENOKOHAN dengan karakter yang kuat bikin Aroma Karsa susah dilupakan. Nggak heran kalau banyak pembaca…

Kamis, 17 Mei 2018 07:26

ROTI GORENG CHOCOMALTINE

MENYAMBUT berlangsungnya bulan suci ini, tiap pekan Zetizen bakal menghadirkan rubrik How to Cook di…

Kamis, 17 Mei 2018 07:15

Atlet Renang Jadi YouTuber

COWOK yang tengah duduk di bangku kelas X di SMA 1 Sangatta Utara ini, merupakan atlet renang andalan…

Kamis, 17 Mei 2018 07:11

Si Viral Es Kepal

SATU lagi minuman yang sedang naik daun, apalagi kalau bukan es kepal. Yup, minuman asal Malaysia ini…

Kamis, 17 Mei 2018 07:09

Kiat Mudah Lentikkan Bulu Mata

KINI, banyak salon yang menawarkan eyelash extension untuk tampil cantik dengan bulu mata lentik. Tapi,…

Rabu, 16 Mei 2018 07:42

Chubby No Worry

HALO, aku Maria Juliana atau akrab disapa Mayu, cewek 28 tahun yang sekaligus founder This Temporary.…

Rabu, 16 Mei 2018 07:37

Keren dengan Percaya Diri

’’I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.’’…
Sitemap
  • HOME
  • HOT NEWS
  • NEWS UPDATE
  • KOLOM
  • RAGAM INFO
  • INSPIRASI
  • FEATURE
  • OLAHRAGA
  • EKONOMI
Find Us
Copyright © 2016 PT Duta Prokal Multimedia | Supported By .