MANAGED BY:
SABTU
22 SEPTEMBER
UTAMA | BALIKPAPAN | SAMARINDA | PRO BISNIS | KALTIM | OLAHRAGA | HIBURAN | CELOTEH | MASKULIN
Minggu, 11 Maret 2018 08:20
Indonesia Darurat Sampah
Aliftia Shina Safitri Institut Agama Islam Negeri Samarinda

PROKAL.CO, Akhir-akhir ini, Indonesia kembali viral di dunia. Bukan karena prestasi, tapi karena sampah plastik yang mengotori laut Nusa Penida, Bali. Tentu ini jadi pembahasan kontras, sebab Bali yang dikenal dengan keindahan alam dan sudah menjadi destinasi idaman wisatawan lokal maupun dunia justru disorot karena masalah sampah yang enggak ada habisnya. Bagaimana pendapat Zet Rangers soal masalah ini?

Aliftia Shina Safitri

Institut Agama Islam Negeri Samarinda

Sampah Berjemur di Pantai

“Prihatin sih, soalnya Bali terkenal dengan pemandangannya yang indah. Wisatawan asing banyak yang berjemur di tepi pantai, namun sekarang malah sampah plastik yang berserakan. Kalau sudah begini, jelas enggak bisa menyalahkan pemerintah aja. Percuma disiapkan fasilitas tempat sampah di setiap titik, tapi masyarakatnya aja enggak peduli dengan sampah. Makanya, sangat penting membentuk rasa peduli sedari kecil.”

 

Muhammad Ferlian Ashari

Institut Seni Budaya Indonesia Tenggarong

Malu dengan Gelar Kepulauan

“Kasus ini sebaiknya harus cepat ditanggapi supaya tetap dikenal sebagai Bali yang biasanya. Malu, apalagi Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan. Kasus seperti ini terjadi karena kurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Oleh sebab itu, untuk menyelesaikan masalah ini, kembali lagi pada kepekaan dan kepedulian kita. Jika kesadaran sudah meningkat, pasti perlahan masalah ini perlahan berkurang.”

 

Hanifah F Fadhillah

SMA 4 Balikpapan

Saling Kolaborasi

“Pastinya sangat menyedihkan. Karena dengan kasus ini, Indonesia akan dipandang negara lain yang enggak ada rasa kepedulian terhadap lingkungan. Sedangkan negara-negara lain selalu berupaya menjaga lingkungan dengan sebaik mungkin. Yuk niatkan hati untuk menjaga bumi, termasuk pelestariannya. Berkolaborasilah untuk aksi nyata agar masyarakat secara luas dapat membiasakan diri untuk menjaga alam.”

 

Dewi Balqis Uswatun Khasanah

SMK 3 Balikpapan

Terbawa Arus

“Kasus ini bisa terjadi karena sampah yang ada di laut berkumpul di satu titik kemudian terdorong oleh arus. Sejatinya, sampah yang ada di laut jumlahnya emang banyak dan enggak hanya dibuang oleh masyarakat kita aja. Sehingga, hal ini bisa saja terjadi di Bali maupun di negara lain. Namun, aku enggak menutup mata melihat fakta bahwa Indonesia penyumbang sampah terbanyak kedua di dunia. Semoga saja predikat ini bisa terlepas secepatnya.” (*/fzn/*/ewy/k15)

loading...

BACA JUGA

Kamis, 20 September 2018 08:09

MEREKAM MASA TANPA KAMERA

SEBAGAI sesuatu yang dinamis, seni terus berkembang dan selalu bertransformasi menemukan bentuk-bentuk…

Kamis, 20 September 2018 08:04

Membangun Seni dari Balik Jeruji

SENI kerap hadir sebagai oase di tengah kehidupan dunia yang kering, gersang, dan penuh kerikil tajam.…

Rabu, 19 September 2018 07:40

Raih Ilmu di Sekolah Multikultur

BIASANYA, jadi beda bikin kamu rendah diri. Nggak jarang, sebagai bagian dari minoritas, kamu malu melakukan…

Rabu, 19 September 2018 07:32

Latihan 18 Jam Tiap Minggu Berbuah Manis di Caraka 2018

SEBAGAI anak muda, udah pasti kita harus aktif dan kreatif dengan apa pun. Bisa lewat fotografi, menyanyi,…

Rabu, 19 September 2018 07:31

Tambah Soft Skill dengan Ekstrakurikuler Menjahit

HAYO, ngaku deh siapa di antara kalian yang masih suka menjahit? Menjahit yang identik dengan kegiatan…

Selasa, 18 September 2018 07:18

Cara Cerdas Tangkal Hoax

NGGAK jauh beda dengan gebetan, berita akhir-akhir ini nggak jelas. Yap! Hoax berkeliaran di mana-mana.…

Selasa, 18 September 2018 07:13

Detektif Berbasis Mesin Pencari

HOAX Analyzer buatan tim Cimol emang telah diakui se-Asia Tenggara sebagai salah satu penemuan yang…

Selasa, 18 September 2018 07:12

React to Detect

AS we know, hoax benar-benar meresahkan masyarakat. Nggak heran beberapa orang meletakkan harapannya…

Selasa, 18 September 2018 07:10

Ciptakan Fragmen untuk Lestarikan Budaya

LESTARIKAN budaya lewat ekstrakurikuler menjajdi visi bagi SMPN 45 Surabaya untuk menumbuhkan sikap…

Senin, 17 September 2018 07:29

Utak-atik Hobi Robotik

BIKIN robot? Baru dengar sekilas aja, mungkin udah terdengar seperti kegiatan superserius yang cuma…
Sitemap
  • HOME
  • HOT NEWS
  • NEWS UPDATE
  • KOLOM
  • RAGAM INFO
  • INSPIRASI
  • FEATURE
  • OLAHRAGA
  • EKONOMI
Find Us
Copyright © 2016 PT Duta Prokal Multimedia | Supported By .