MANAGED BY:
MINGGU
23 SEPTEMBER
UTAMA | BALIKPAPAN | SAMARINDA | PRO BISNIS | KALTIM | OLAHRAGA | HIBURAN | CELOTEH | MASKULIN
Kamis, 11 Januari 2018 07:30
Candaan Sara Bikin Murka
Tiara Amalia Diandra

PROKAL.CO, GE Pamungkas dan Joshua Suherman, komika terkenal di Tanah Air, baru-baru ini dapat sorotan tajam dari netizen se-Indonesia. Ulah mereka yang memasukkan unsur sara dalam materi stand up comedy yang dibawakan tentu bikin semua orang kesal. Bahkan, kasus ini sampai dibawa ke ranah hukum dengan tuduhan pelecehan agama lho! Well, bagaimana pendapatmu menyikapi hal kayak gini? (*/yjm/*/ewy/k18)

Anisa Nur Fitriani
SMA 5 Samarinda

Kembangkan Ide

“Mau bagaimanapun juga, Ge Pamungkas dan Joshua Suherman emang salah sih. Soalnya sampai saat ini, isu pelecehan agama jadi hal yang disorot di Indonesia. Buat komika lainnya, sebaiknya mulai memikirkan materi stand up yang lebih berbobot dan enggak menyinggung orang lain, apalagi soal suku, agama, dan ras. Misalnya tentang pengalaman yang dibawakan dengan kocak kayak yang sering dilakukan Raditya Dika.”

Tiara Amalia Diandra
SMA 2 Samarinda

Masyarakat Harus Cerdas

“Terlepas dari sengaja atau enggaknya Ge Pamungkas dan Joshua Suherman menistakan agama, menurutku masyarakatlah yang harus berpikir lebih cerdas. Jangan jadi generasi yang mudah disulut dan langsung emosian. Bangun filter agar bisa memerhatikan kasus ini dengan kritis, namun tetap menggunakan kepala dingin. Lagi pula, Indonesia merupakan negara hukum kok. Biar aparat berwajib yang mengambil tindakan buat mereka berdua.”

Taufiq Hidayat
Universitas Mulawarman Samarinda

Minta Maaf Terbuka

“Segala sesuatu yang bersangkutan dengan agama pasti sangat sensitif. Setiap orang emang punya cara berbeda untuk menanggapi hal seperti ini. Ada yang biasa aja, namun enggak sedikit yang menjadi panas karena tersulut emosi. Karena mereka merupakan public figure dan dikenal luas, aku menyarankan mereka berdua untuk minta maaf secara terbuka di depan publik. Menurutku, itulah hal paling bijaksana yang bisa Ge Pamungkas dan Joshua Suherman saat ini.”

Muhammad Nur Hidayat
SMK 5 Samarinda

Perlu Proses Hukum

“Itulah sebabnya ada istilah mulutmu harimaumu. Jangan sampai, niat awal untuk menghibur justru berubah jadi bercanda yang mengangkat isu sara. Menghina agama lain emang enggak bisa disepelekan, tapi bukan berarti masyarakat bisa menghakimi seenaknya. Karena kasus Joshua sudah dilaporkan ke polisi, kita tinggal menunggu hasil keputusan pihak berwenang aja. Meski kejam, semoga bakal menimbulkan efek jera supaya orang lebih berhati-hati ketika berbicara.”


BACA JUGA

Sabtu, 22 September 2018 00:12

Kritik dalam Dentuman Musik

MUSIK elektronik nggak selamanya tentang tempo cepat dan cahaya lampu warna-warni yang bergerak lincah.…

Sabtu, 22 September 2018 00:11

Hasilkan Karya dari Derita

WALTS, valstep, dan dubstep. Mungkin nggak banyak orang yang tahu perbedaan ketiganya. Tapi, satu hal…

Kamis, 20 September 2018 08:09

MEREKAM MASA TANPA KAMERA

SEBAGAI sesuatu yang dinamis, seni terus berkembang dan selalu bertransformasi menemukan bentuk-bentuk…

Kamis, 20 September 2018 08:04

Membangun Seni dari Balik Jeruji

SENI kerap hadir sebagai oase di tengah kehidupan dunia yang kering, gersang, dan penuh kerikil tajam.…

Rabu, 19 September 2018 07:40

Raih Ilmu di Sekolah Multikultur

BIASANYA, jadi beda bikin kamu rendah diri. Nggak jarang, sebagai bagian dari minoritas, kamu malu melakukan…

Rabu, 19 September 2018 07:32

Latihan 18 Jam Tiap Minggu Berbuah Manis di Caraka 2018

SEBAGAI anak muda, udah pasti kita harus aktif dan kreatif dengan apa pun. Bisa lewat fotografi, menyanyi,…

Rabu, 19 September 2018 07:31

Tambah Soft Skill dengan Ekstrakurikuler Menjahit

HAYO, ngaku deh siapa di antara kalian yang masih suka menjahit? Menjahit yang identik dengan kegiatan…

Selasa, 18 September 2018 07:18

Cara Cerdas Tangkal Hoax

NGGAK jauh beda dengan gebetan, berita akhir-akhir ini nggak jelas. Yap! Hoax berkeliaran di mana-mana.…

Selasa, 18 September 2018 07:13

Detektif Berbasis Mesin Pencari

HOAX Analyzer buatan tim Cimol emang telah diakui se-Asia Tenggara sebagai salah satu penemuan yang…

Selasa, 18 September 2018 07:12

React to Detect

AS we know, hoax benar-benar meresahkan masyarakat. Nggak heran beberapa orang meletakkan harapannya…
Sitemap
  • HOME
  • HOT NEWS
  • NEWS UPDATE
  • KOLOM
  • RAGAM INFO
  • INSPIRASI
  • FEATURE
  • OLAHRAGA
  • EKONOMI
Find Us
Copyright © 2016 PT Duta Prokal Multimedia | Supported By .