MANAGED BY:
KAMIS
23 NOVEMBER
UTAMA | BALIKPAPAN | SAMARINDA | PRO BISNIS | KALTIM | OLAHRAGA | HIBURAN | CELOTEH | MASKULIN
Selasa, 10 Oktober 2017 08:48
Bangga Jadi Anak Seni Tari Tradisional

Nuansa Tada SMA 2 Samarinda

JUARA: Nuansa Tada berfoto bersama Tuti Erawati (tengah) saat menerima piala penghargaan Juara 1 Lomba Tari Daerah Komunikasi Sosial Kreatif Korem 091/ASN.(IST)

PROKAL.CO, INDONESIA sangat kaya akan kebudayaannya yang beragam. Yup, apalagi tiap daerah di Indonesia bermacam-macam. But, masih banyak generasi kita yang kurang tahu sama tari tradisional, nih. Eits, tapi masih ada yang tetap melestarikannya dengan terjun langsung mendalami tari daerah. Let’s meet Nuansa Tada!

Hadir sejak 2002 di SMA 2 Samarinda, pastinya telah menorehkan banyak prestasi. Makanya mereka menjadi salah satu ekskul andalan sekolah. Oh iya, Nuansa Tada enggak pernah absen untuk mengikuti perlombaan FLS2N tingkat kota maupun provinsi. Pada 2015-2016, mereka menyabet juara 1 tingkat kota dan juara 2 tingkat provinsi. Bahkan baru saja memenangkan juara 1 tari daerah dalam Komunikasi Sosial Kreatif Korem 091/ASN, serta dalam waktu dekat ini akan tampil di acara pembukaan Lomba Ketangkasan Baris-berbaris yang diadakan oleh SMA 2 Samarinda. Sekolah pun enggak mau ketinggalan beri dukungan. Mereka difasilitasi dari segi kostum dan aksesori tari.

Ibu Tuti Erawati adalah pelatih sekaligus pembina Nuansa Tada. Di tangan beliaulah anak-anak diajari menari sampai bisa. Ia mengatakan, untuk menguasai satu tarian harus melalui tahapan dan prosesnya hingga hafal. “Tujuannya supaya anak-anak tidak meninggalkan tradisi. Walaupun begitu, kami tetap menggarapnya dengan nuansa modern tanpa meninggalkan unsur tradisionalnya. Agar tidak ketinggalan zaman,” ungkap beliau.

Menurut salah satu anggota Nuansa Tada, selain mempunyai misi melestarikan budaya, tari tradisional merupakan hal yang anti-mainstream. Dan yang membanggakan lagi, mereka sering diundang untuk performance dalam acara-acara formal yang diadakan oleh instansi pemerintahan. “Harapannya untuk tim, supaya bisa lebih berkembang. Dan buat prestasi sebanyak-banyaknya agar sekolah bangga dan kami juga enggak kalah bangga menjadi anak-anak yang berprestasi,” tutup cewek yang akrab dipanggil Leni itu. (*/yun/*/yjm/k15)


BACA JUGA

Rabu, 22 November 2017 09:20

Handle The Posesif!

DALAM menjalin sebuah hubungan, rasa pehatian tentu aja saling diberikan. Tapi, bagaimana kalau rasa…

Rabu, 22 November 2017 09:18

BTS Sukses Entak Panggung AMAs 2017

K-POPERS pasti udah tahu dengan kabar manis yang satu ini, dong. Yup, menandai debut penampilan mereka…

Rabu, 22 November 2017 09:17

Memikat di Panggung, Piawai di Layar

KALIAN yang suka K-pop pasti setuju dong bahwa zaman sekarang K-pop idol nggak cuma bisa nyanyi sama…

Rabu, 22 November 2017 09:13

Kamu Harus Tahu!

KALAU kamu sekadar tahu film dan drama para idol actor, itu udah biasa banget. Yup! Ternyata banyak…

Selasa, 21 November 2017 08:54

Beri Semangat dan Edukasi Dini

DIVONIS kanker kadang membuat pasien dan keluarga patah semangat. Bergabung dalam sebuah komunitas dapat…

Selasa, 21 November 2017 08:48

Guest Star Tampil All Out, Pengunjung Makin Heboh

HI guys, kalian pasti tahu bagaimana keseruan malam puncak Smansa Hilaricsa: Exhilaration of Authentic…

Selasa, 21 November 2017 08:43

My Guilty Pleasure

APA yang terlintas di kepala saat kamu mendengarkan kata hedonisme? Gaya hidup serbaboros dan menghamburkan…

Selasa, 21 November 2017 08:36

Tetap Harus Hati-Hati

MESKI terkesan boros dan buang-buang uang, perilaku hedonistis ke hal-hal tertentu udah jadi sifat alamiah…

Senin, 20 November 2017 08:46

Apply Eyeliner Antiribet

MEMAKAI eyeliner emang jadi tantangan tersendiri. Bisa-bisa malah belepotan dan merusak look kita kalau…

Senin, 20 November 2017 08:45

Bangun Karakter Disiplin, Piala Bergilir Kembali Diraih

BALIKPAPAN - Perhelatan event Lomba Keterampilan Baris-berbaris (LKBB) di SMK 1 Balikpapan seru banget,…
Sitemap
  • HOME
  • HOT NEWS
  • NEWS UPDATE
  • KOLOM
  • RAGAM INFO
  • INSPIRASI
  • FEATURE
  • OLAHRAGA
  • EKONOMI
Find Us
Copyright © 2016 PT Duta Prokal Multimedia | Supported By .