MANAGED BY:
SELASA
23 MEI
UTAMA | BALIKPAPAN | SAMARINDA | PRO BISNIS | KALTIM | OLAHRAGA | HIBURAN | CELOTEH | MASKULIN
Selasa, 14 Maret 2017 09:28
Indonesia Pusaka untuk Desa Kedang Ipil

Oleh: Nadillah Ulfa - Universitas Mulawarman Samarinda

MERINDING: Nadillah Ulfa diiringi Eksmus Musik Smanda Tenggarong saat menyanyikan lagu Indonesia Pusaka pada malam puncak event Meretas Kutai Adat Lawas Jejak Budaya 3. Ciri khas suara merdu dan iringan musik yang syahdu berhasil merenggut perhatian ratusan warga Kedang Ipil, Kutai Kartanegara.

PROKAL.CO, Jumat sore tepatnya 3 Maret 2017, aku dan teman-teman Jejak Budaya 3 menuju tempat event meretas Kutai Adat Lawas di Desa Kedang Ipil, Kutai Kartanegara. Kedatangan kami disambut hangat oleh para warga sekitar dengan upacara adat Kedang Ipil. Para peserta pun mendirikan tenda dan hammock untuk tempat tidurnya.

Lalu, kami makan malam bersama juga, ala ciri khas desa tersebut yang biasa disebut makan beseprah. Fyi, aku suka banget dengan suasana malam di sana, diterangi lentera kecil yang bertebaran di mana-mana. Sungguh pemandangan yang indah.

Sabtu malam adalah puncak acara, yaitu art performance. Aku menjadi salah satu pengisi acara di malam itu. I can’t describe my feeling anymore. Menyanyikan lagu Indonesia Pusaka dan Aku Menyanyi diiringi oleh Eksmus Smanda Tenggarong di atas panggung ditonton oleh semua warga Kedang Ipil telah menjadi pengalaman terbaikku. To be honest, aku merasa enggak maksimal malam itu. But, tetap happy karena meskipun tampil di pengujung acara, tak ada satu pun dari penonton yang meninggalkan tempat. Justru mereka masih menggebu-gebu untuk menyaksikan kami bernyanyi. Hingga diakhiri dengan Alu Gila, yang permainannya enggak beda jauh sama bambu gila.

Keesokan harinya, kegiatan dimulai dengan gotong royong bersama seluruh peserta dan warga desa, lalu dilanjutkan menuju ke area Air Terjun Kendua Raya. Setelah itu, baru deh prepare dan kembali ke daerah asal masing-masing.

Aku bangga bisa menjadi bagian dari kesuksesan acara Jejak Budaya 3. Bukan hanya sekadar pengalaman yang aku dapat, tapi juga menjadi pelajaran luar biasa. Mulai cara menjamu tamu, ditambah budaya yang masih sangat melekat pada hati-hati nurani mereka.

Rindu dengan makan beseprah, keramahan para warga, pemandangan padi gunung, dan hal yang sangat jarang ditemui, yaitu toilet umum. Baru kali ini aku menemukan daerah pelosok yang mempunyai fasilitas lengkap untuk memenuhi kebutuhan warganya. Semoga pada event berikutnya, Jejak Budaya bisa lebih baik dan selalu bisa memberikan kesan berarti terutama dalam mencintai budaya di Bumi Etam. (*/fra/*/ewy/k16)

BACA JUGA

Minggu, 21 Mei 2017 08:07

Ih, Kamu kok Tanya-Tanya Gitu?

PERNAH nggak kamu punya pacar yang ngobrolnya menjurus? Entah nge-jokes dewasa, chat yang mengarah ke…

Minggu, 21 Mei 2017 08:06

Hadapi Pacar Menjurus

MENGHADAPI pacar yang menjurus emang gampang-gampang susah. Kalau dibiarin, tingkahnya selalu bikin…

Jumat, 19 Mei 2017 09:39

Rancang Sistem dan Bergerak Bersama

BALIKPAPAN – Di hari ketujuh kemarin, tim penilai mendatangi sekolah yang terletak di daerah Balikpapan…

Jumat, 19 Mei 2017 09:34

It's Class Meet Time!

FIUHH... akhirnya perjuangan satu semester ini berakhir ya, guys! Nggak kerasa udah mau liburan panjang…

Kamis, 18 Mei 2017 10:03

Kampanyekan Aksi No Plastic Bottle

Oleh: Arum Ananda Putri – SMK 1 Balikpapan HARI Bumi atau Earth Day adalah hari pengamatan bumi…

Kamis, 18 Mei 2017 10:00

Semangat Menghidupkan Generasi Peduli Lingkungan

BALIKPAPAN - Rabu (17/5) Kota Minyak diguyur hujan yang cukup deras.Tetapi, hal itu enggak menyurutkan…

Kamis, 18 Mei 2017 09:56

Teman Bossy Bikin Keki

PERNAH punya teman bossy? Kalau iya, kamu termasuk 70 persen Zetizen yang memiliki teman bossy. Yap,…

Kamis, 18 Mei 2017 09:53

Selebask Menjawab

BEGITULAH suka duka punya teman bossy. Tiap ketemu, ada aja kelakuannya yang bikin jengkel dan membuatmu…

Rabu, 17 Mei 2017 10:26

Kisahkan 7 Gunung dalam 1 Film

HIKING is knowing, learning, and sharing. Bagi para hiker, menaklukkan gunung tertentu adalah kebanggaan…

Cerita Unik di Tiap Puncak

DIKENAL sebagai The Seven Summit of Indonesia, tujuh gunung ini dipilih agar masyarakat dapat melihat…
Sitemap
  • OLAHRAGA
  • EKONOMI
Find Us
Copyright © 2016 PT Duta Prokal Multimedia | Supported By .